Mesin Penghasil Uang

Selasa, 30 April 2013

Apa yang akan Dilakukan Setelah Pensiun?


Apa yang akan Dilakukan Setelah Pensiun?

Pertanyaan ini yang biasanya menggelayut di pikiran para calon pensiunan. Mengingat saat seseorang memasuki masa pensiun, aktivitas keseharian bakal berkurang. Begitupun dari segi penghasilan bulanan.
Mungkin tak jadi masalah bagi pensiunan yang ingin total istirahat jika memang sebelumnya mempersiapkan dengan baik. Sehingga kebutuhan sehari-harinya bisa terpenuhi dari hasil aset, usaha, atau tabungan yang sudah dipersiapkan. Tapi jika ternyata sebelumnya belum mempersiapkan, lalu bagaimana?

Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun?

Oleh karena itu sangat penting mempersiapkan masa pensiunan anda sejak dini. Bagaimana caranya?
1. Ketahui kebutuhan pensiunYang perlu diketahui lebih dulu tentu kebutuhan anda saat pensiun. Ambil contoh gampang, misalkan kebutuhan hidup anda per bulan adalah Rp 3 juta per bulan. Jika anda ingin mempertahankan gaya hidup anda saat masa pensiun anda tiba, dan misal ambil waktu 15 tahun masa pensiun, berarti paling tidak dana pensiun yang harus anda persiapkan adalah (Rp 3 juta x 12 bulan) X 15 tahun = Rp 540 juta. Penting dicatat, dana pensiun Rp 540 juta itu belum memperhitungkan faktor inflasi; yang artinya uang yang harus anda persiapkan nantinya pasti lebih besar dari jumlah tadi.
2. Pikirkan cara memenuhi kebutuhan pensiun
Setelah tahu berapa kebutuhan anda, berikutnya adalah anda perlu pikirkan bagaimana cara memenuhinya. Anda bisa lihat dari kondisi anda saat ini. Misalkan anda saat ini punya tabungan sekitar Rp 100 juta dan masa pensiun anda nantinya kurang lima tahun. Berarti dalam sisa waktu sebelum pensiun itu tiba, anda perlu menyiapkan uang yang dibutuhkan tersebut. Bagaimana caranya? Bisa dengan menabung, berbisnis, atau berinvestasi; atau ketiganya.
3. ACT!ON
Selanjutnya tak ada lain selain mengeksekusi rencana yang sudah anda buat itu, ACTION!

Pilihan Usaha Setelah Pensiun

Bagi yang sudah terlanjur pensiun pun tak ada salahnya untuk mulai usaha atau berbisnis. Baiknya bisnis tersebut terkait dengan minat anda. Tapi andaikan pun tidak, ya tidak jadi masalah. Beberapa pilihan bisnis yang bisa diambil oleh para pensiunan seperti:
  • bisnis makanan
  • bisnis tanaman
  • bisnis obat herbal
  • bisnis konsultan
  • bisnis property
  • bisnis online
  • bisnis binatang peliharaan
  • dst
Jadi tak perlu khawatir. Jika anda memilih beraktivitas setelah pensiun nanti. Banyak hal yang bisa anda lakukan nantinya. Yang penting, persiapkan masa pensiun anda sebaik-baiknya.
Salam ACT!ON

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ViralGen Referral Shopping

ViralGen Referral Shopping
 
bisnis online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template